Fakta-fakta Italy VS Austria Minggu, 27 Juni 2021 Dini Hari EURO 2020 2021

Timnas Italia bakal berhadapan dengan Timnas Austria di babak 16 besar Euro 2020, Minggu (27/6/2021). Duel ini akan dilangsungkan di Wembley Stadium, London. Pemenangnya bakal menghadapi Belgia atau juara bertahan Portugal di perempat final.

Italia menjuarai Grup A dengan poin sempurna 9 hasil tiga kemenangan dari tiga pertandingan. Pasukan Roberto Mancini mencetak total tujuh gol dan tak sekalipun kebobolan.

Italia tak terkalahkan dalam 30 laga terakhir mereka. Italia bahkan memenangi 11 yang terakhir tanpa kebobolan. Tak kalah penting, Gli Azzurri pun tak terkalahkan lawan Austria semenjak Desember 1960 silam. Itu menciptakan mereka paling difavoritkan.

Sementara itu, Austria lolos ke fase knockout kesatunya dengan kedudukan runner-up Grup C di bawah Belanda. David Alaba dan kawan-kawan memenangi laga kesatu kontra kesebelasan debutan Makedonia Utara 3-1, pun laga ketiga dengan skor 1-0 kontra Ukraina. Mereka kalah sekali, yaitu 0-2 dari Belanda.

Di atas kertas, Giorgio Chiellini dan kawan-kawan lebih diunggulkan. Meski begitu, kubu Austria menyatakan tidak gentar. Austria bahkan menyiapkan strategi guna coba meredam Italia.

Namun, apakah strategi itu dapat dieksekusi dengan sempuna? Terlebih lagi, Austria mungkin dapat dibilang selevel dengan Turki, Swiss, dan Wales, tiga kesebelasan yang sudah diungguli Italia di Grup A.

Jika tiga tim tersebut saja dapat ditaklukkan, maka wajar bila Italia dinilai akan mampu menyudahi perjalanan Austria.

Italia dan Austria terakhir kali bertemu dalam uji jajaki di Nice, Prancis, pada Agustus 2008. Laga tersebut berkesudahan imbang 2-2. Italia sempat terbelakang 0-2 oleh gol-gol Emanuel Pogatetz (14′) dan Marc Janko (39′), tapi dapat membalas lewat gol Alberto Gilardino (45+1′) dan bunuh diri Ramazan Ozcan (67′).

Italia tak terkalahkan dalam 13 pertemuan terakhir dengan Austria, menang 10 kali (M10 S3 K0).

Terakhir kali Austria mengungguli Italia ialah dengan skor 2-1 dalam laga uji jajaki di Naples pada Desember 1960 silam.

Dalam 36 pertemuan dengan Austria sejauh ini, Italia menang 16 kali, seri 8 kali, dan kalah 12 kali (M16 S8 K12).

Pemenang dari partai babak 16 besar ini bakal berhadapan dengan Belgia atau juara bertahan Portugal di perempat final.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Donnarumma; Spinazzola, Bastoni, Bonucci, Di Lorenzo; Barella, Jorginho, Verratti; Insigne, Immobile, Berardi.
Pelatih: Roberto Mancini.

Austria (4-2-3-1): Bachmann; Ulmer, Hinteregger, Dragovic, Lainer; Grillitsch, Ilsanker; Alaba, Sabitzer, Schlager; Arnautovic.
Pelatih: Franco Foda.

Fakta dan Statistik Lain

Italy
Di Grup A, Italia meraih 3 kemenangan dari 3 pertandingan, mencetak 7 gol dan tak sekalipun kebobolan. Italia mengungguli Turki 3-0, Swiss 3-0, serta Wales 1-0, dan menjuarai Grup A dengan poin sempurna.

Ciro Immobile dan Manuel Locatelli setiap telah mencetak 2 gol guna Italia di Euro 2020, sementara Lorenzo Insigne dan Matteo Pessina setiap 1 gol. Sementara itu, Ciro Immobile, Domenico Berardi, Marco Verratti, Nicolo Barella, dan Rafael Toloi setiap menyumbang 1 assist.

Italia tidak jarang kali menang dan tidak jarang kali clean sheet (tak kebobolan) dalam 11 laga terakhirnya. Italia pun mencetak total 32 gol dalam 11 laga tersebut.

Italia tak terkalahkan dalam 30 laga terakhirnya (M25 S5 K0).

Italia sebelum ini telah 6 kali bermain di Wembley, semuanya melawan Timnas Inggris, dan menang 2 kali (M2 S3 K1).

Austria
Di Grup C, Austria menang 3-1 atas kesebelasan debutan Makedonia Utara, kalah 0-2 dari Belanda, dan menang 1-0 atas Ukraina. Austria finis sebagai runner-up di bawah Belanda dan lolos guna kesatu kalinya ke fase knockout Piala Eropa.

Marko Arnautovic, Christoph Baumgartner, Michael Gregoritsch, dan Stefan Lainer setiap telah mencetak 1 gol guna Austria di Euro 2020. Sementara itu, David Alaba telah menyumbang 2 assist, sementara Konrad Laimer dan Marcel Sabitzer setiap 1 assist.

Rekor Austria di putaran final Euro ketika ini ialah M2 S2 K5 (gol 6-10).

Austria hanya menang 2 kali dalam 6 laga terakhirnya (M2 S1 K3).

Austria tidak berhasil mencetak gol di 4 laga dalam 6 laga terakhirnya.

Austria hanya menang 3 kali dalam 9 laga terakhirnya (M3 S3 K3).

Sebelum ini, Austria telah 4 kali bermain di Wembley (M1 S1 K2). Terakhir, Austria kalah 0-7 dalam uji jajaki kontra Inggris pada September 1973 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *